Mobil pertama dalam program restorasi F1 Certified McLaren ini merupakan mobil bersejarah.

Di antara jajaran pembuat mobil sport tingkat atas – Ferrari, Aston Martin, dan lain-lain – ada benang merah yang muncul: Masing-masing menawarkan layanan verifikasi internal untuk model-model klasiknya, serta fasilitas restorasi. McLaren baru-baru ini mengikuti tren ini, dengan membentuk “layanan sertifikasi” sendiri yang setara dengan Ferrari Classiche, Aston Martin Works, dan Classic Center milik Mercedes-Benz. Dan produsen supercar asal Inggris ini telah menemukan cara yang luar biasa untuk mempromosikan layanan barunya, yaitu dengan merestorasi sebuah mobil balap F1 GTR hingga seperti baru.

McLaren F1 adalah salah satu supercar terbaik sepanjang masa, yang sangat bagus dan langka-dan contoh GTR lebih langka lagi. GTR ini khususnya, sasis no. 25R, memiliki sejarah yang substantif dan kebetulan menjadi kandidat utama untuk direstorasi. Setelah pensiun dari kehidupan sirkuit pada tahun 2005 (cukup lama setelah menjalani debutnya di 24 Hours of Le Mans 1997 dengan corak Gulf-Davidoff), F1 GTR no. 25R berhibernasi di sebuah koleksi Jepang hingga kembali ke Inggris pada tahun 2016. Pemilik barunya, seorang penggemar berat McLaren, menugaskan McLaren Special Operations untuk merenovasi mobil ini, sebuah proses yang akhirnya berubah menjadi restorasi besar-besaran di bawah program sertifikasi MSO. Anda akan melihat bahwa kita masih jauh dari tahun 2016.

Tak perlu dikatakan lagi bahwa perbaikan ini sepadan dengan apa yang telah dilakukan, mengingat hanya ada 106 McLaren F1 yang dibuat, dan hanya 28 di antaranya yang merupakan varian spesifikasi balap GTR. F1 no. 25R sekarang seperti baru, setelah dihidupkan kembali dengan suku cadang baru/lama yang menurut McLaren ada di dalam kontainer yang belum pernah dibuka selama 20 tahun. Saat ini belum jelas apakah McLaren F1 GTR bersertifikat pertama akan kembali ke lintasan balap di suatu tempat, suatu saat nanti, tetapi akan ditampilkan di Hampton Court Concours of Elegance 2018.